Jumat, 24 Agustus 2012

Bab 1 : Mengenal Pengolah Kata Micosoft Word 2007

Microsoft Word atau biasa dikenal dengan MS Word merupakan program pengolah katayang paling populer saat ini. Dibandingkan dengan pengolah kata lain, Microsoft Word memiliki banyak keunggulan, seperti fasilitas-fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam penggunaan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menrik, dan lain sebagainya. Dalam materi kali ini saya akan membahas mengenai Microsoft Word 2007. Yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya. Meskipun telah mengalami banyak perubahan versi, namun pada dasarnya langkah-langkah yang digunakan dalam Microsoft Word adalah sama.

A. Sejarah Singkat Microsoft Word


Microsoft Word adalah sebuah program pengolah kata ( Word Processor) yang dibuat olehMicrosoft Corporation. Selain pengolah kata Microsoft Word, terdapat banyak program pengolahkata lainnya, antara lain Wordstar, Word Perfect dan Chiwriter. Program pengolah kata MicrosoftWord ini menjadi sangat popular karena memberikan fasilitas-fasilitas yang jauh lebih canggihdibandingkan dengan program program pengolah kata lainnya.Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0 sampai 6.0 untuk versiDOS. Artinya program ini bekerja pada sistem DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuanperusahaan pembuatnya, Microsoft Co. telah mengeluarkan 12 Versi M. Word, yaitu versi 95, 97,2000, 2002, 2003, dan 2007 untuk versi Windows. Microsoft Word 2007 dikeluarkan untukkalangan bisnis pada tanggal 30 November 2006 dan dipasarkan luas pada tahun 2007 untukmengimbangi platform Windows Vista.Kemunculan Microsoft Word 2007 bertujuan agar program aplikasi pengolah kata (wordprocessor) ini lebih mudah digunakan dan dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada padasistem jaringan baik internet maupun intranet.Dalam Module ini, kita akan mengkhususkan diri membahas Microsoft Word 2007. Padadasarnya, perintah-perintah pada Microsoft Word 2007 tidak jauh berbeda dengan versi-versisebelumnya, dalam hal-hal tertentu terdapat perbedaan, yaitu karena M. Word 2007 lebih lengkapdari versi-versi sebelumnya. Secara spesifik Microsoft Word 2007 berguna dalam hal membuatsurat, laporan, naskah, buku, dll.



B. Mengaktifkan Program Microsoft Word 2007

Untuk memulai menjalankan Microsoft Word, kita dapat mengikuti langkah-lankah sebagai berikut :

  1. Nyalakan Komputer tunggu sampaai komputer menampilkan area kerja (desktop Microsoft Word 98/98SE/ME/2000/XP)
  2. Klik menu Start
  3. Pilih dan klik program àMicrosoft Office
    à
    Microsoft Office Word 2007
  4.  Tunggu sampai muncul area kerja Microsoft Word 2007



C. Mengindentifikasi Menu Dan Letak Icon Beserta Fungsinya


Sebelum memulai aplikasi Microsoft Word, sebaiknya kita mengenal dahulu tampilan area kerja aplikasi Microsoft Word beserta elemen-elemennya. Bagian-bagian dasar dari Micrososft Word 2007 yang perlu kita ketahui antara lain sebagai berikut :




  • Office Button, Sebuah tombol yang digunakan sebagai pengganti Menu File dan berfungsiuntuk membuka, menyimpan dokumen hingga mempublikasikan dokumen anda.
  • Ribbon (Menu Pita), sebuah kumpulan menu dan tool bar yang diorganisir dalam beberapagroup untuk mempermudah pekerjaan.
  • Scroll Bar (Baris Penggulung), untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan, gunakan barispenggulung mendatar (Horizontal Scroll Bar). Untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah,gunakan baris penggulung tegak (Vertical Scroll Bar).
  •  Insertion Point (Titik Sisip),berbentuk garis vertical yang berkedip-kedip. Setiap karakter yangkita ketik akan muncul pada posisi titik sisip ini.
  • Ruler (Garis Mistar), memperlihatkan batas margin kiri dan kanan serta batas-batas indentasi.
  • Document Views, digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat (
  • PrintLayout, Full Screen, Web Layout, Outline, Draft)
  •  Status Bar (Baris Status), Menampilkan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yangberhubungan dengan posisi titik sisip berada. Pada baris status ini ditampilkan pula PageNumber, Word Count, Proofing Error, Language, Zoom Level
  • Sizing Button (Tombol Ukuran), berguna untuk meentukan besar tampilan layar apakah penuhsatu layar, tampak sebagian, atau diperkecil sama sekali hingga yang tampak hanya nama padataskbar.





0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena