Kamis, 30 Agustus 2012

Pengertian Dan Fungsi Mouse Komputer

mouse
Di artikel kali ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang fungsi mouse pada komputer. semua pasti sudah sedikit ngerti tentang kegunaan mouse jika mempunyai komputer, kalaupun tidak mempunyai komputer pasti sudah pernah memegang mouse karena di sekolah pasti ada pelajaran komputer. Yang ingin saya tanyakan apakah anda semua tau pengertian dan fungsi dari sebuah mouse pada komputer?. kalau soal kegunaan saya yakin anda pasti tau hehehe.. kalau pengertian dan fungsi? ok.. simak beberapa point yang bisa saya berikan di bawah ini, meskipun hanya sedikit tapi mudah-mudahan bermanfaat.

Mouse pada sebuah komputer mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Kenapa di sebut dengan sebutan mouse? jawabannya adalah karena bentuknya mirip sekali dengan tikus, dalam bahasa inggris tikus adalah mouse, Mouse emperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Menurut wikipedia Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan Mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah yaitu klik dan klik kanan.

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan Mouse memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya Mouse semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video

Kira-kira begitulah pengertian dan funsi mouse komputer semoga anda yang sering memakai sehari-hari paham dan ngerti kalau di tanya teman atau yang lain tentang fungsi dan kegunaan mouse. ok.. 

Sumber : http://nugget9e.blogspot.com/2011/02/fungsi-mouse-pengertian-dan-fungsi.html
http://clarissa-9j-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/fungsi-mouse-pengertian-dan-fungsi.html
*thankyou

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena