A.
Membuat Dokumen Baru
Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan
dengan cara berikut:
1. Klik menu File >
New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih
dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti
dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga
muncul kotak dialog Page Setup (lihat gambar dibawah). Kotak dialog ini terdiri
dari tiga bagian, yaitu Margins,
Paper, dan Layout.
keterangan
:
Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Margins : untuk menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom) dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukkan margin halaman.
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan unkuran kertas sendiri, dapat diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Secara default, satuan yang digunakan pada ruler maupun margin
adalah inchi. Untuk mengubahnya ke centimeter, klik menu Tools > Options sehingga
muncul kotak dialog Options (Gambar dibawah). Pilih tab General.
Pada bagian Measurements
Units, gantilah satuan keCentimeters.
B. Menyimpan Dokumen
Nah Untuk menyimpan dokumen baru,secara default nama dokumen
yang dibuat akan berurutan, yaitu Document
1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara untuk
menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialogSave As berikut.
1. Klik menu File -> Save atau File -> Save As sehingga muncul kotak dialogSave As berikut.
2.
Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
• Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
• File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
• Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word Document.
• Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik menu File
-> Save. Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda,
klik File -> Save As sehingga caranya sama seperti menyimpan dokumen baru.
Apabila dalam menyimpan dokumen, nama yang digunakan sama dengan nama yang
sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti ini :
• Replace exiting file: menimpa
file yang sudah ada dengan dokumen baru.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
• Save change with a different name: menyimpan dokumen baru dengan nama lain.
• Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam file yang sudah ada.
C.
Menutup Dokumen
Setelah
selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah menyimpannya, ada beberapa cara
untuk menutup dokumen, yaitu:
• Klik menu File -> Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
• Klik menu File -> Close.
• Klik tombol Close Window yang terdapat di dalam Title Bar.
D. Membuka
Dokumen
Dokumen
yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
• Klik menu File -> Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
• Klik menu File -> Open.
• Klik tombol Open yang terdapat di dalam Tool Bar.
kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
Agar
file-file dokumen tertata rapi, hendaknya file disimpan di dalam folder sesuai
kategori, ini juga dapat membantu saat hendak membuka file yang telah
tersimpan. Untuk membuat folder, lihat kotak dialog gambar 10, bedanya hanya
klik kanan pada mouse lalu pilih New
-> Folder.
Sumber : http://orb7.wordpress.com/2009/01/17/membuat-menyimpan-menutup-dan-membuka-dokumen-ms-word/
*thankyou
0 komentar:
Posting Komentar