Kamis, 30 Agustus 2012

Perawatan Perangkat Penyimpanan

Salah satu mata rantai pokok dalam sistem komputer adalah perangkat penyimpanan. Perangkat penyimpanan harus dirawat dengan baik, agar perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik pada saat dibutuhkan.
Perawatan utama yang harus dilakukan adalah menggunakannya secara benar. Hal itu, berkaitan dengan cara kita menempatkan pada tempat atau wadah yang sesuai dan cara mengani dengan benar pada saat menggunaknnya. Masing-masing perangkat penyimpanan membutuhkan cara perawatan yang disebut dengan karakteristik masing-masing perangkat penyimpanan tersebut.

1. Cara Perawatan Harddisk
harddisk


Perintah, data, dan program yang tersimpan di dalam harddisk setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menumpuk dalam jumlah besar. Seringkali susunannya kelihatan teratur rapi. Namun, sebenarnya terdapat campur aduk antara perintah, data, program (sistem kerja), dan data yang bersifat sampah karena jarang atau sudah tidak terpakai.

Kondisi harddisk yang bersih dari sampah dengan data, perintah, dan program yang tersusun rapi dan telah dikelompokkan sesuai jenisnya akan meperlancar dan megoptimalkan kinerja komputer secara keleruhan . Perawatan harddisk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Menghindarkan dari debu dan panas yang berlebihan dengan cara meletakkan perangkat komputer pada tempat yang bersih dan berventilasi cukup. 
  • Menggunakan  perangkat lunak yang diaktifkan melalui perintah-perintah yang dimasukkan ke sistem opeasional komputer. Perangkat lunak yang dimaksud misalnya disk defragmenter dan disk doctor.
  • Menghindarkan dari perebuhan voltase/tegangan listrik yang mendadak dengan memanfaatkan perangkat power stabilizier (pengaman tegangangan)

2. Cara Perawatan Disket (Floppy Disk)
diskette box
disk holder
      
Meletakkan atau menyimpan disket dalam wadah yang sesuai (dikette box), yaitu wadah yang bersih, kering, tertutup, kedap air, dan tidak mengandung magnet. Setelah floppy disk disimpan kedalam wadah tersebut, tambahkanlah dua bungkus kecil silica gel, yaitu bahan kimia silica yang berfungsi memikat uap air atau kelembaban untuk mencegah timbulnya jamur. Bahan kimia ini bisa didapatkan secara bebas di toko bahan kimia, apotek, atau toko obat.
Apabila kita ingin menyimpan atau membawa disket tersebut untuk dibaawa berpergian dalam jumlah sedikit atau satuan, maka sebaiknya disket dimasukkan kedalam wadah (disk holder) yang berbentuk seperti album foto atau kotak tipis. Kegunaannya agar disket tidak terkena debu dan terlipat secara tidak sengaja.


3. Cara Perawatan CD-ROM dan DVD-ROM

CD Box
CD Holder

CD atau DVD-ROM  berbentuk kepingan cakram optik tipis menggunak prinsip kerja pencahayaan terfokus yang terarah pada media penyimpan untuk dapat menulis dan membaca. Cara perawatannya sebagai berikut:
  • Mencegah agar tidak terjadi goresan, berdebu atau terdapat noda melekat pada sisi/bagian mengkilat karena pada bagian inilah perintah, data, program yang tersimpan akan dibaca. Oleh karena itu, harus diletakkan pada wadah yang sesuai (CD Box atau CD Holder) yang selain menghindarkan dari debu biasanya juga memiliki bantalan anti gores untuk menghindari goresan pada permukaan cakram optik tersebut.
  • Debu atau noda pada CD-ROM dapat dibersihkan dengan menggunakan cairan alkohol 70% dan lap terbuat dari kain flannel yang kering dan bersih.














0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena