Jumat, 24 Agustus 2012

Bab 1 : Perkembangan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi malalui bahsa sehingga bahasa dapat disebut sebagai teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh oranglain. Namun, bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya tahan sebentar saja. Selain itu, jangkauan suara juga terbatas hanya sampai jarak tertentu.Setelah itu, teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.Sekarang dengan adanya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari yang sebelumnya satu gambar mewakili suatu peristiwa diganti dengan kombinasi alfabet atau penulisan angka.Sampai dengan saat ini teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Hal itu merupakan dampak dari semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan informasi itu sendiri.

B. Alat-Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi
1   1.  Komputer
Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komponen elektronik. Komponen-komponen tersebut dapat saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan perintah dan data yang dimasukkan.
2    2. Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi dua arah, yaitu dapat menerima dan mengirimkan data atau informasi melalui media transmisi. Komunikasi antara dua pemakai telepon dapat berlangsung apabila kedua telepon dalam keadaan tersambung satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, teknologi di dunia ini pun semakin canggih. Sekarang kita dapat berkomunikasi kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun hanya dengan menggunakan telepon seluler atau yang sering kita kenal dengan ponsel/handphone.
3    3. Radio
Radio merupakan alat komunikasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai pembawa informasi yang dipancarkan melalui udara dengan kecepatan yang menyamai kecepatan cahaya.
4    4. Televisi
Televisi merupakan salah satu peralatan komunikasi yang digunakan untik menyampaikan informasi yang berupa data suara dan gamba. Prinsip kerja pengiriman gelombang elektromagnetik pada televisi sebenarnya hampir sama dengan pengiriman elektromagnetik pada radio. Data yang berupa gambar dan suara diubah dalam bentuk sinyal listrik, kemudian disalurkan melalui media kabel atau gelombang elektromanetik ke segala arah melalui antena pemancar untuk diterima dan diubah kembali menjadi bentuk semula oleh pesawat televisi.

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena