Jumat, 24 Agustus 2012

Bab 3 : Operasi Dasar Komputer dan Manajeman File

A. Operasi Dasar Komputer

Sistem operasi komputer menghubungkan pemakai dengan perangkat komputer sehingga perintah dan data dapat dimasukkan melalui perangkat masukkan (input device) dan memperoleh tanggapan balik atau hasil dalam bentuk keluaran (output). Dalam hal ini sistem operasi mengkoordinasi semua perangakat sistem komputer untuk secara bersama-sama melakukan suatu tugas/pekerjaan. Sistem opersai komputer ada bermacam-macam, diantaranya adalah Linux, Macintosh OS, dan Windows. Pada awal merebaknya penggunaan komputer (PC-Personal Computer), yang dikenal luas dan umum dipakai adalah DOS (Disc Operating System) terutama yang dikeluarkan oleh perusahaan IBM dan Microsoft. Dalam perkembangan selanjutnya, perangkat komputer semakin canggih dan semakin banyak program yang bermunculan untuk mengerjakan pekerjaan yang semakin beragam. 

B.  Manajemen File 

Pada saat menjalankan suatu aplikasi atau program, berlangsung proses pembacaan data atau file di dalam harddisk. Setelah proses pengolahan data selesai, hasil pengolahan dan informasi lain yang mendukung data tersebut akan direkam atau dituliskan kembali kedalam harddisk.

Perkembangan kemajuan komputer saat ini membuat sistem kerja komputer semakin efektif dan efisien. Di sisi lain, proses kerjanya melibatkan ribuan data dan informasi yang mengharuskan data dan informasi disusun sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dibaca  dan direkam kembali.
Data dan informasi (file) yang tersimpan didalam harddisk biasanya mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
  • Tiap file memiliki nama maksimal 255 karakter 
  • Tanda-tanda seperti (.), (/), atau (\) tidak boleh digunakan
  • BIsa ditambahi dengan ekstension nama file yang terdiri atas 3 atau 4 karakter untuk memberi tanda jenis filenya.
  • Nama file bisa dibuat dalam huruf kapital maupun huruf kecil
  • Tidak mungkin ada nama file yang sama dalam satu kelompok direktori walaupun masing-masing ditulis dalam bentuk karakter yang berbeda ukuran. Misalnya:NAMA.TXT dengan nama.txt, karena kedua file tesebut dianggap sama persis oleh sistem komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena