Rabu, 29 Agustus 2012

Pengertian Komputer (materi kelas 7)

Tentunya komputer sudah tidak asing lagi bagi kita. Pada saat ini teknologi komputer sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari dunia pendidikan sampai dunia usaha. Banyak kemudahan yang dapat diperoleh jika kita bekerja meggunakan komputer, mulai dari melakukan perhitungan yang sederhana sampai dengan melakukan proses-proses yang rumit.

1. Pengertian Komputer 
Komputer adalah serangkaian mesin elektronik yang terdiri atas ribuan bahkan jutaan komponen elektronik. Komponen-komponen tersebut dapat saling bekerja sama serta membuat sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan perintah dan data yang dimasukkan. Pada dasarnya, perangkat komputer terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia itu sendiri yang dengan kemampuannya mampu mengoperasikan komputer tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya (brainware).


2. Perangkat-perangkat Dasar Komputer
Pemosresan data yang dihasilkan oleh komputer dilakukan oleh berbagai bagian perangkat keras (hardware)  yang terdiri atas perangkat masukan, perngkat pemrosesan, perangkat keluaran dan perngkat penyimpanan.

a. Perangkat Masukan 
Perangkat masukan (input device) digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Perangkat masukan yang paling banyak digunkan adalah keyboard dan mouse. Di samping itu juga ada perangkat masukan yang lain seperti joystick, webcam, microphone, scanner, dan light pen.




b. Perangkat Pemroses
Perangkat pemroses atau biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit) merupakan sirkuit elektronik yang menjalankan pemrosesan dengan melakukan interpretasi, mengkases intruksi -intruksi yang diberikan ke komputer dan mengendalikan perangkat masukan, perangkat keluaran, serta perangkat penyimpan.




c. Perangkat Penyimpanan
Perangkat penyimpanan (storage device) digunakan untuk menyimpan data atau informasi sehingga data tersebut dapat digunkan kembali atau dipindahkan ke perangkat komputer lainnya. Beberapa perangkat penyimpanan ataralain harddisk, floopydisk, CD (compct disk), flashdisk, dan memory card.



d. Perangkat Keluaran 
Perangkat keluaran (output device) digunakan untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses. Perangkat keluaran yang paling banyak digunkan adalah monitor, printer, dan loudspeaker.





3. Operasi Dasar Komputer
Secara umum opersi-opersi dasar yang dilakukan komputer adalah sebagai berikut:

  • Opersi Masukan
Operasi ini menyangkut pemasukan perintah atau data ke komputer untuk diproses.
  • Operasi Arimatika
Operasi penghitungan yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
  • Operasi Logika
Operasi yang digunkan untuk membandingkan data dan dan menentukan bahwa suatu nilai adalah lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan nilai yanng lain.        
  • Operasi Penyimpanan
Operai ini menyangkut proses penyimpanan data pada media penyimpanan sehingga data dapat digunakan kembali pada waktu kemudian.
  • Opersi Keluaran
Operisi ini menghasilkan atau menampilkan informasi yang telah diproses.



Jadi, setiap mesin yang dapat menerima, memproses, menyimpan dan menghasilkan data berupa teks, angka, gambar, dan suara, dapat dikategorikan sebagai komputer.


4. Tipe-Tipe Komputer
Biasanya komputer yang sering kita lihat sehari-hari seperti di sekolah, warnet,dan di rumah adalah komputer pribadi atau lebih dikenal dengna PC (Personal Computer). Namun, sebenarnya masih banyak tipe-tipe komputer yang bentuknya lebih besar dari PC dan ada pula yang lebih keil. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas beberapa tipe komputer seperti berikut:

a. Decicated Computer
Decited berarti didesain untuk menjalankan satu program tertentu.


b. Laptop
Laptop atau sering disebut dengan notebook merupkan komputer yang didesain untuk digunakan oleh orang-orang yang sering berpergian dalam melakukan pekerjaanya.




c. Mainframe
Banyak perusahaan besar memiliki komputer mainframe. Komputer mainframe ini bentuknya sangat besar jika dibandingkan dengnan PC. Satu komputer mainframe dapat digunakan oleh beberpa orang dengan beberapa layar monitor dan perintah yang berbeda dalam waktu yang sama.



d. Supercomputer
Supercomputer didesain untuk menangani perintah-perintah yang sangat kompleks seperti digunkan untuk sistem perkiraan cuaca dan banyak bidang astronomi lainnya.




0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh kim258. Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Comments

© Final Exam SMPN 15 Bandung, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena